Penutup Rangkaian Diklat Kepemimpinan Tahun 2017 di Balai Diklat Kepemimpinan

(Magelang) Penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 215  Tahun 2017 dilaksanakan hari ini, Jum’at 8 Desember 2017 di Pendopo, Kampus Radius Prawiro, Balai Diklat Kepemimpinan. Penutupan diklat ini merupakan pungkasan dari rangkaian Diklat Kepemimpinan tahun 2017. Penutupan secara khusus dihadiri oleh Kepala Bagian Kepegawaian, Dwi Wahyudi dan Kepala Subbagian Pengembangan Pegawai dan Kepemimpinan, Neil E. Prayoga, Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Dwi Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan “Seorang Pemimpin perlu menguasai banyak bidang meskipun tidak mendalam, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan”. Beliau juga menyampaikan bagaimana kondisi sumber daya manusia dan kepemimpinan saat ini serta apresiasinya  terhadap pelaksanaan Diklat Kepemimpinan.

 tutup 215 1

Kehadiran beliau ini sangat bermakna bagi Diklat Kepemimpinan, lebih-lebih tujuh peserta dengan nilai terbaik dari seluruh angkatan pada tahun 2017, berasal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Kepala Balai Diklat Kepemimpinan, Heni Kartikawati menyampaikan hal ini pada saat membacakan hasil Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 215.

Berdasarkan hasil pelaksanaan Diklat Kepemimpinan tingkat IV Angkatan 215, dari 21 Peserta diklat yang berasal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, 20 peserta dinyatakan lulus.

Peserta dengan Nilai tertinggi diperoleh Rofiq Khamdani Yusuf, peserta dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dengan Nilai 95,52. Adapun judul Proyek Perubahannya yaitu “Upaya Peningkatan Kualitas Pembinaan Pengelolaan Barang Milik Negara melalui Penelitian dan Verifikasi Produk Hukum Pengelolaan Barang Milik Negara di Lingkungan Kantor Wilayah DJKN Aceh”. Selain memperoleh nilai tertinggi, Rofiq Khamdani Yusuf juga terpilih menjadi peserta terfavorit berdasarkan poling peserta atas Kedisiplinan, Kepemimpinan, Kerjasama, Prakarsa dan Sikap.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Diklat Kepemimpinan juga mengumumkan peserta dengan Proyek Perubahan Inovatif, yaitu :

  1. Endi Suhendi, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dengan judul “Upaya Peningkatan Kualitas Kontrak Kinerja Melalui Standardisasi Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Manual IKU di Lingkungan DJKN”
  2. Irwan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dengan judul “Optimalisasi Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Patroli Dalam Rangka Menunjang Kegiatan Patroli Laut dan Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe B Pantoloan”
  3. Slamet Trijendra, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dengan Judul “Upaya Optimalisasi Jumlah Tanah Barang Milik Negara Yang Dilakukan Pemanfaatan Berupa Sewa Melalui Publikasi Peta Sebaran Tanah Barang Milik Negara Sebagai Upaya Promosi  Di Wilayah KPKNL Balikpapan”
  4. Hendar Supriyati, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, dengan Judul “Pengembangan Program Pembelajaran Untuk Jabatan Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai di DJBC”

       Selain Apresiasi diatas, Kepala Balai juga menyampaikan Apresiasi kepada  peserta yang mempunyai semangat dan antusiasme luar biasa, motivasi dan kemauannya untuk menyelesaikan Diklat Kepemimpinan hingga akhir proses pembelajaran yang layak untuk diteladani, karena jika hal ini terjadi kepada orang lain mungkin saja akan memilih berhenti, tetapi yang bersangkutan tetap semangat menjalankan Diklat Kepemimpinan dan berhasil dengan baik dan lulus. Apresiasi tersebut diberikan kepada peserta atas nama Bambang Santoso, yang berasal dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Lahat, sebagai “Inspiring Participant”. Beliau menyadarkan bahwa pemimpin itu harus selalu semangat dan antusias. Tidak boleh menyerah hingga titik pungkas, betapapun  kondisinya.

tutup 215 2

Belajar dari penutup rangkaian Diklat Kepemimpinan Tahun 2017 ini, serasa belajar berbagai warna. Indah atau tidaknya tergantung usaha. Demikian juga selesai atau tidaknya, berhasil atau gagalnya. Yang utama pemimpin harus tetap menjaga semangatnya. Semangat untuk memimpin perubahan, dan semangat untuk menghadapi apapun kondisinya dengan luar biasa.

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Catatan 2017, Harapan 2018 +

    [Bandung] Jumat, 5 Januari 2018 – Mengawali tahun 2018 ini, Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat menyelenggarakan konferensi pers yang pertama kali Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016