Field Trip DTSS Pemeriksaan Bukti Permulaan

Jakarta 9 Februari 2018, Peserta DTSS Pemeriksaan Bukti Permulaan Angkatan II melaksanakan kegiatan Field Trip pada hari Kamis 8 Februari 2018 ke Direktorat Penegakan Hukum yang berlokasi di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. Kegiatan tersebut diikuti oleh 28 orang peserta diklat yang sebagian besar berasal dari luar Jakarta dengan latar belakang sebagai Pemeriksa Pajak.

Peserta Diklat DTSS Pemeriksaan Bukti Permulaan

Kegiatan Field trip dibuka oleh Bapak Endang Supriyatna selaku Kepala Seksi Pemeriksaan Bukti Permulaan II di ruang rapat besar Direktorat Penegakan Hukum pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya Endang menyampaikan tujuan kegiatan filed trip ini adalah untuk mengenal lebih jauh tentang penegakan hukum di Direktorat Jenderal Pajak. Kegiatan field trip diawali dengan kunjungan ke tempat interogasi wajib Pajak. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium forensik dan yang terakhir peserta akan ikut simulasi kegiatan penelaahan pemeriksaan bukti permulaan.

Pembukaan Field Trip DTSS Pemeriksaan Bukper

Pada kegiatan pertama peserta dibawa ke beberapa ruangan interogasi wajib pajak. Pada lokasi tersebut terdapat setidaknya 6 ruangan interogasi dan beberapa ruang tahanan. Selanjutnya para peserta diklat berdiskusi dengan Bapak Agus Tafani selaku Supervisor Pemeriksa Pajak terkait aturan dan prosedur interogasi wajib pajak.

Peserta diklat bersama Agus Tafani di ruang interogasi wajib pajak

Selanjutnya peserta beralih ke ruangan laboratorium forensik, peserta diberikan penjelasan oleh Nur Amin Kadir Pelaksana Seksi Forensik Perpajakan II tentang peralatan yang digunakan dalam kegiatan forensik perpajakan. Kemudian peserta diklat diberikan tanyangan video operasi tangkap tangan yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak tentang kasus pembuatan faktur pajak palsu. Dalam video tersebut peserta diberikan penjelasan tentang langkah langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan forensik digital perpajakan.

Peserta diklat bersama Nur Amin Kadir di ruagan Laboratorium Forensik

Field trip berkahir pada ruangan penelaahan Pemeriksaan Bukti Permulaan. Pada ruangan berlayout U shape tersebut peserta diberikan simulasi tentang proses penelaahan sebuah kasus yang telah disamarkan indentitas pemilik kasus tersebut.

Peserta diklat di ruang rapat penelaahan

Tepat pukul 11.00 WIB peserta berkumpul kembali pada ruang rapat besar, sebagai penutup Bapak Abdul Azis Selaku Kepala Sub Direktorat Penyidikan berpesan kepada peserta diklat “kawan kawan masih muda kita beharap kalian lah yang melanjutkan dan meneruskan kegiatan penegakan hukum dibidang pidana perpajakan. Walaupun tidak mudah menjadi penyidik karena risiko yang tinggi, tetapi apa yang kita kerjakan, sebesar apapun risikonya akan menjadi catatan dan sejarah bagi Direktorat Jenderal Pajak” tutup Abdul Azis.

Pentupan Field Trip Oleh Abdul Azis

 

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Catatan 2017, Harapan 2018 +

    [Bandung] Jumat, 5 Januari 2018 – Mengawali tahun 2018 ini, Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat menyelenggarakan konferensi pers yang pertama kali Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016