Kurikulum Baru Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pelaksana

(Tangerang Selatan) Senin, 16 April 2018 – “Selamat pagi Bapak-Ibu sekalian, assallamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh, bagaimana kabar Bapak-Ibu?” sapa Mulyadi, Kepala Subbidang Penyelenggaraan Pusdiklat PSDM, kepada para peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi (PPK) Pelaksana Angkatan II. Bertempat di Ruang F 206, 30 orang mendengarkan dengan saksama pembukaan pelatihan yang dipimpin oleh Mulyadi. Para peserta yang merupakan pegawai-pegawai dari berbagai unit di lingkungan Kementerian Keuangan itu akan berada di ruang tersebut selama lima hari demi menerima materi terkait peningkatan kompetensi pelaksana.

 

160418-2

Dalam sambutan yang diberikannya, Mulyadi menjelaskan bahwa PPK Pelaksana dirancang untuk meningkatkan beberapa hal terkait kompetensi yang diperyaratkan dalam Standar Kompetensi Jabatan Pelaksana. Harapannya tentu saja adalah semakin terasah dan terujinya kompetensi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. “Dan untuk angkatan II ini, (kurikulumnya) sudah disesuaikan dengan standar kompetensi yang baru sesuai dengan PMK 219 Tahun 2018. Yang semula di dalamnya ada 35 kompetensi sekarang menjadi 23 kompetensi,” tambahnya.

160418-1

Untuk PPK Pelaksana, kompetensi yang dijadikan materi dalam diklat tidak diambil semua berdasarkan yang terdapat PMK. “Tetapi hanya kompetensi dasar yang memang diperuntukkan bagi pelaksana, seperti motivation, team work and collaboration, integrity, drive for result, dan quality improvement,” lanjut Mulyadi. Selain terkait kurikulum baru, Mulyadi juga memaparkan bahwa akan ada sesi konseling yang merupakan satu rangkaian dengan pengisian individual development plan bagi tiap peserta yang dipandu oleh widyaiswara dan pejabat terkait. Terkait evaluasi peserta, Subbidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Pusdiklat PSDM melakukan pre dan post-test kepada setiap peserta untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang diterima.

 

Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan V
Sekitar 30 menit sebelum membuka PPK Pelaksana Angkatan II, Mulyadi juga memimpin pembukaan untuk Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan V yang diselenggarakan tidak jauh dari PPK Pelaksana Angkatan II. Di hadapan 25 orang peserta yang telah hadir, ia menjelaskan bahwa Pelatihan Execellent Frontliner difokuskan dalam rangka penanganan terhadap stakeholders. Demi mendukung fokus tersebut, Pusdiklat PSDM akan mengundang narusumber yang berasal dari luar Kementerian Keuangan dalam rangka sharing dan benchmarking pelayanan yang dilakukan oleh instansi lain.

160418-3

Dalam rangka peningkatan citra yang baik di mata masyarakat, diperlukan orang-orang yang kompeten yang memiliki standar kompetensi yang baik dalam memberikan pelayanan. “Untuk itulah kita memanggil narasumber eksternal, contoh yang baik diambil untuk diterapkan di kantor kita,” tambah Mulyadi.

160418-4

Selepas pembukaan, peserta pelatihan ini langsung melakukan pre-test yang dilakukan seperti angkatan-angkatan sebelumnya: praktik pelayanan dengan menghadapi role player. Melalui pre-test, Egrita Buntara, Widyaiswara Pusdiklat PSDM, yang bertugas menemani peserta pelatihan untuk hari pertama dan kedua, dapat langsung menilai dan memberikan respon dalam pembahasan materi quality and stakeholders focus yang terjadwal pada hari pertama.

 

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Catatan 2017, Harapan 2018 +

    [Bandung] Jumat, 5 Januari 2018 – Mengawali tahun 2018 ini, Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat menyelenggarakan konferensi pers yang pertama kali Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016