Pengumuman Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS TA 2017

File Pengumuman Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS TA 2017 Periode 2 dapat diunduh dalam tautan sbb:

Pengumuman

Lampiran 1 Daftar Penyelenggara

Lampiran 2 Lokasi Penyelenggaraan

Lampiran 3a Pembagian Lokasi Peserta

Lampiran 3b Rekapitulasi Ralat Lokasi DJBC

Lampiran 4 Pernyataan Mentor

Lampiran 5 Rincian Peran Mentor

Lampiran 6 Kelengkapan SPD

 

Pengumuman Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS TA 2017

 

Berkenaan dengan akan diselenggarakannya Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I s.d. III Tahun Anggaran 2017 di Pusdiklat Pengembangan SDM, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Sekilas tentang Pelatihan Dasar CPNS Golongan II

Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Tahun Anggaran 2017 akan diselenggarakan berdasarkan Peraturan Kepala LAN Nomor 22 Tahun 2016. Pelatihan Dasar CPNS Golongan II ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu Tahap Internalisasi, Tahap Aktualisasi dan Tahap Evaluasi Aktualisasi. Pada Tahap Pertama yaitu Tahap Internalisasi, peserta diklat akan mengikuti diklat secara klasikal dan diasramakan. Sementara pada Tahap Aktualisasi, peserta akan dikembalikan kepada unitnya masing-masing untuk mengaplikasikan apa yang telah peserta pelajari di Tahap Internalisasi. Dalam tahap ini, peserta akan dibimbing oleh Coach dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan serta Mentor dari atasan langsung atau pejabat lain yang ditunjuk oleh unitnya. Selanjutnya, peserta diharuskan kembali ke asrama untuk mengikuti Tahap ketiga, Tahap Evaluasi Aktualisasi.

2. Panitia Penyelenggara


Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I s.d. III diselenggarakan secara nasional oleh Pusdiklat Pengembangan SDM , dan seluruh Balai Diklat Keuangan sebagai penyelenggara. Kontak kantor penyelenggara sbb: BDK Balikpapan, BDK Cimahi, BDK Denpasar, BDK Makassar, BDK Malang, BDK Manado, BDK Medan, BDK Palembang, BDK Pekanbaru, BDK Pontianak, BDK Yogyakarta dan Balai Diklat Kepemimpinan Magelang). Pengecualian untuk Tahap I tidak dilaksanakan di BDK Pontianak dan Tahap III tidak dilaksanakan di BDK Medan, BDK Balikpapan dan BDK Manado.

3. Jadwal Penyelenggaraan

jadwal latsar 2017Jadwal Pelaksanaan Diklat dalam tabel di atas adalah jadwal bruto, yaitu jadwal yang meliputi jadwal registrasi pada H-1, Tahap I Internalisasi, Tahap II Aktualisasi, Tahap III Evaluasi dan perkiraan chekout pada H+1 masing-masing periode, atau dengan kata lain, hari pertama dalam tabel di atas adalah tanggal registrasi dan tanggal terakhir yang tercantum pada tabel di atas adalah tanggal perkiraan check out. Untuk menjadi perhatian, peserta harus telah hadir di asrama pada H-1 kegiatan internalisasi untuk melakukan registrasi dan H-1 kegiatan evaluasi untuk melakukan persiapan. Waktu check-in asrama dan registrasi dapat berbeda-beda setiap lokasi penyelenggaraan. Secara umum kedua kegiatan dimaksud dimulai di atas pukul 12.00 hari pertama (check in internalisasi) yang tercantum di tabel di atas.

Kami mohon agar penentuan tanggal yang tercantum pada surat tugas peserta mengacu pada tabel di atas, namun mempertimbangkan juga jarak lokasi kantor peserta dengan lokasi diklat. Jika lokasi kantor peserta tidak dimungkinkan untuk ditempuh dalam waktu satu hari, kami mohon penambahan waktu dalam ST sebagaimana tercantum pada Surat Tugas yang diterbitkan unit.

4. Lokasi Asrama

Lokasi Asrama adalah sebagai berikut:

  1. BDK Balikpapan : Komplek BDK Balikpapan, Jl. M.T. Haryono Dalam Nomor 79 RT 040, Kel. Gunung Bahagia Balikpapan 78114
  2. BDK Cimahi : Komplek BDK Cimahi, Jalan Raya Gado Bangkong nomor 111 Cimahi, Bandung, Jawa Barat
  3. BDK Denpasar : Wisma Keuangan, Jalan Hayam Wuruk 10, Denpasar
  4. BDK Makassar : check in dilakukan di Batalyon Paskhas 466, Komplek Lanud Hasanudin Mandai Makassar untuk selanjutnya mengikuti tahap internalisasi di BP-PAUD & DIKMAS Sulawesi Selatan
  5. BDK Malang : Komplek BDK Malang, Jalan A. Yani Utara nomor 200, Malang 65126
  6. BDK Manado : Komplek BDK Manado, Jalan Mapanget KM 0,5, Paniki, Manado 95256
  7. BDK Medan Periode 1 terbagi menjadi 2 lokasi sebagai berikut: 1) Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan Medan (Kementerian Perhubungan), Jalan Penerbangan No. 85, Jamin Ginting Km 8,5, Padang Bulan, Medan 20131, dan 2) Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara (Kemendikbud) Jalan Kenangan Raya No. 64, Tanjung Sari, Medan 20132. MOHON MENJADI PERHATIAN Periode 2 terbagi menjadi 2 lokasi sbagai berikut: MEDAN 1) Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan Medan (Kementerian Perhubungan), Jalan Penerbangan No. 85, Jamin Ginting Km 8,5, Padang Bulan, Medan 20131, dan MEDAN 2 Balai DIklat BPK-Medan, Jalan Jamin Ginting, Simpang Selayang, Medan.
  8. BDK Palembang : Komplek BDK Palembang, Jalan Sukabangun Kecamatan Sukarami, Palembang
  9. BDK Pekanbaru : SMK N 3 Pekanbaru, Jalan Dr. Sutomo No. 110 Pekanbaru
  10. BDK Pontianak : Periode 2 di Balai Diklat Keuangan Pontianak, Jl. Supadio Km 8,8 Kubu Raya, Kalimantan Barat 78391
  11. BDK Yogyakarta : MOHON MENJADI PERHATIAN Periode 1  check in dan tahap internalisasi di Komplek BDK Yogyakarta, Jalan Solo KM 11, Purwomartani Kalasan, Sleman, Yogyakarta, sementara evaluasinya di Balai Diklat PUPR Wilayah V Yogyakarta, Jalan Ngeksigondo no 1-2, Kotagede, Yogyakarta, Periode 2 dan 3 di Komplek BDK Yogyakarta, Jalan Solo KM 11, Purwomartani Kalasan, Sleman, Yogyakarta.
  12. Balai Diklat Kepemimpinan Magelang : Jl. Hasan Nudin (Salatiga Kopeng) Km. 4, Kumpulrejo, Argomulyo, Kumpulrejo, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50734
  13. Pusdiklat PSDM terbagi menjadi tiga lokasi sebagai berikut: JAKARTA 1) Wisma Pembina (Wisma TK Pembina), Jalan H. Muchtar Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, JAKARTA 2) Pusdiklat PU, Jl. Sapta Taruna Raya, Komplek PU, Pasar Jumat, Jakarta Selatan 12310, JAKARTA 3) Wisma Duta Wiyata, Jalan Pertanian V No.14, RT.10/RW.4, Lb. Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selata.

Beberapa Asrama Eksternal belum selesai proses lelangnya sehingga belum dapat kami sampaikan lokasi spesifiknya. Alamat tersebut akan kami sampaikan menyusul kepada Sekretaris Unit Eselon I masing-masing. Adapun perkembangan pembagian lokasi asrama Pelatihan Dasar CPNS Golongan II juga dapat dipantau oleh peserta melalui laman ini. Pusdiklat Pengembangan SDM melakukan pembagian lokasi berdasarkan penugasan Unit Eselon I masing-masing. Pusdiklat Pengembangan SDM tidak menerima pengusulan lokasi di luar mekanisme tersebut.

5. Peserta Diklat

Persyaratan peserta adalah sebagai berikut:

  1. Berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II yang dinyatakan dengan Surat Keputusan (SK Pengangkatan) sebagai CPNS;
  2. Diusulkan oleh Sekretaris Ditjen/ Itjen/ Badan atau Kepala Biro Sumber Daya Manusia;
  3. Bertubuh sehat yang ditunjukkan pada saat registrasi dengan surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah, surat bebas narkoba dan hasil rontgent thorax.

Pengusulan peserta dilakukan melalui Sekretaris Ditjen/ Itjen/ Badan atau Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Pusdiklat Pengembangan SDM tidak menerima pengusulan peserta yang tidak melalui mekanisme tersebut.

Nama peserta dan lokasi asrama masing-masing peserta Periode I dapat diunduh di sini.

Nama peserta dan lokasi asrama masing-masing peserta Periode II dapat diunduh di sini.

6. Registrasi dan Persyaratan Administrasi Peserta

Registrasi pendaftaran ulang peserta direncanakan dilakukan satu hari sebelum hari pertama diklat (saat check in registrasi). Adapun persyaratan administrasi yang perlu dipersiapkan sebelumnya dan harus dibawa adalah sebagai berikut:

  1. Print out bukti registrasi online di https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/ dengan akun dan password adalah NIP (18 digit tanpa spasi) masing-masing peserta. Registrasi online dapat dilakukan mulai H-3 dari masing-masing periode.Terkait dengan pengisian semantik di atas perlu diperhatikan beberapa hal sbb:   1) Pas foto yang diunggah adalah dalam ekstensi .jpeg dengan latar belakang merah, wajah menghadap lurus ke depan, laki-laki dan perempuan menggunakan kemeja putih dan memakai dasi warna hitam,    2) Pengisian nama terpisah dengan gelar (gelar di tulis pada kolom isian gelar),    3) Jabatan peserta diisi sesuai dengan formasi jabatan yang terdapat pada SK CPNS (bagi peserta yang belum menerima SK, mohon berkoordinasi dengan bagian yang mengurusi kepegawaian di kantornya masing-masing),    4) Instasi atau unit kerja diisi unit eselon I, poin satker pada semantik tidak perlu diisi.
  2. Surat tugas mengikuti diklat dari Kepala Biro SDM atau Sekretaris Direktorat/ Inspektorat/ Badan sebanyak 2 rangkap (satu rangkap untuk administrasi kepesertaan dan satu rangkap untuk keperluan SPD),
  3. Fotokopi SK Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS),
  4. Mengisi dan menyerahkan Surat Pernyataan kesediaan sebagai mentor dari atasan langsung calon peserta/ pejabat yang ditunjuk. Adapun contoh surat pernyataan kami sertakan dalam lampiran V dan penjelasan peran mentor kami sampaikan dalam lampiran VI.
  5. Surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan laik mengikuti seluruh kegiatan diklat (termasuk kegiatan olahraga atau kegiatan outdoor). Selain surat keterangan sehat dari dokter pemerintah, peserta juga diwajibkan untuk membawa surat keterangan bebas narkoba dan hasil pemeriksaan rontgen thorax. Demi kelancaran kegiatan dan juga efisiensi anggaran perjalanan dinas, mohon untuk menyampaikan surat keterangan dokter dengan jujur dan selengkap-lengkapnya. Dalam proses registrasi, peserta akan melalui pemeriksaan kesehatan ulang oleh dokter yang disediakan oleh pihak Penyelenggara. Peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh dokter tersebut akan dikembalikan kepada unit yang bersangkutan.
  6. Khusus bagi peserta yang sedang hamil diwajibkan juga untuk menyampaikan:
    1. Surat keterangan dari dokter spesialis kandungan atau bidan yang diperoleh paling lama satu minggu sebelum diklat dimulai, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi siap mengikuti kegiatan diklat;
    2. Surat pernyataan bermaterai, yang ditandatangani peserta yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sanggup mengikuti semua kegiatan diklat serta siap menanggung risiko yang mungkin terjadi;
    3. Bagi yang usia kehamilannya di atas 7 bulan, disarankan untuk mengikuti diklat pada periode berikutnya setelah melahirkan.

7. Tata Tertib

Selama mengikuti diklat, peserta diwajibkan untuk:

  1. Memakai pakaian rapi dan sopan dengan ketentuan sebagai berikut:   1) Laki-laki: Baju putih polos lengan panjang dengan celana panjang hitam dan dasi warna hitam  untuk hari Senin s.d. Sabtu pada jam belajar di kelas. Baju batik dengan celana panjang warna gelap untuk kegiatan selain kegiatan belajar mengajar di kelas dan di lapangan. Rambut pendek, maksimal panjang 1 cm.     2) Perempuan: Baju putih polos lengan panjang dengan celana panjang/ rok warna hitam dan dasi hitam untuk untuk hari Senin s.d. Sabtu pada jam belajar di kelas, bagi yang berjilbab menggunakan jilbab polos berwarna putih. Baju batik dengan celana panjang/ rok warna gelap untuk kegiatan selain kegiatan belajar mengajar di kelas dan di lapangan, bagi yang berjilbab menggunakan jilbab polos.     3) Bersepatu pantofel hitam.     4) Khusus untuk kegiatan olahraga atau kegiatan outdoor peserta wajib menggunakan pakaian olahraga (baju kaos, celana training dan sepatu olahraga), bagi yang berjilbab menggunakan jilbab berwarna gelap.     5) Karena sebagian kegiatan dilakukan di luar ruangan dan kondisi cuaca sering hujan, peserta diharapkan membawa sepatu dan kaus kaki cadangan, terutama untuk sepatu olahraga serta membawa payung.
  2. Membawa peralatan ibadah (alat shalat bagi yang muslim, alkitab bagi yang Kristen, bagi yang beragama lain, menyesuaikan).
  3. Membawa obat-obatan pribadi, khususnya bagi peserta yang menderita penyakit khusus, seperti asma, alergi, dll,
  4. Dalam rangka menjaga ketertiban, keamanan dan kedisiplinan selama penyelenggaraan diklat, peserta tidak diperkenankan membawa kendaraan bermotor atau barang-barang berharga lainnya.

8. Akomodasi dan Keuangan

Penyelenggara menyediakan asrama, konsumsi dan ATK bagi peserta. Adapun seluruh biaya terkait dengan kediklatan ditanggung oleh DIPA Penyelenggara Diklat, termasuk juga segala biaya perjalanan dinas yang timbul akibat perjalanan dari kantor ke tempat penyelenggaraan diklat dan sebaliknya. Terkait dengan hal tersebut kami harapkan peserta membawa dokumen dan memperhatikan ketentuan SPD sebagai berikut.

A.  TIKET PESAWAT (jika peserta menggunakan moda pesawat) atau TIKET KERETA API beserta INVOICE TIKET

  1. Seluruh peserta membeli tiket pesawat/ kereta api berangkat internalisasi sendiri dengan catatan tiket pesawat yang dibeli harus menggunakan penerbangan low cost.
  2. Tiket berangkat internalisasi adalah dari bandara/ stasiun terdekat kantor DEFINITIF menuju bandara/ stasiun dengan lokasi terdekat dengan asrama prajabatan pada hari H registrasi atau H-1 registrasi. Bagi peserta dengan perjalanan dari kantor menuju lokasi diklat melebihi 2 hari, mohon menghubungi kantor balai/ pusdiklat penyelenggara sesuai dengan lokasi penugasannya.
  3. Panitia tidak menyediakan asrama sebelum jadwal check in asrama.
  4. Untuk tiket pesawat/ kereta api kembali internalisasi, berangkat dan kembali evaluasi direncanakan dibelikan oleh panitia. Pembelian tiket pesawat/ kereta api kembali internalisasi, berangkat dan kembali evaluasi akan diinfokan lebih lanjut di lokasi Prajabatan.


B.   LEMBAR 2 SPD

  1. Lembar 2 SPD dikumpulkan ada dua lembar; internalisasi dan evaluasi. Format dapat diunduh di sini.
  2. Pastikan lembar 2 SPD yang dibawa ke lokasi diklat telah ditandatangani pejabat berwenang dan dibubuhi cap unit peserta diklat.
  3. PPK penanggung biaya perjalanan adalah PPK penyelenggara diklat sesuai dengan lokasi asrama. Sehingga kolom PPK dikosongi.


C.    FOTOKOPI HALAMAN DEPAN BUKU REKENING
Peserta diharapkan membawa fotokopi halaman depan buku rekening masing-masing.

D.   KETENTUAN LAIN-LAIN

  1. Peserta yang tidak mengikuti ketentuan berikut dan/atau ketentuan lain mengenai Surat Perjalanan Dinas (PMK 113 Tahun 2012, PMK 33 Tahun 2016 dan ketentuan lainnya) dapat tidak dibayarkan SPDnya.
  2. Khusus bagi peserta diklat lokasi Jakarta (Wisma Pembina, Pusdiklat PU, Wisma Duta Wiyata) diwajibkan mengisi form SPD online pada tautan ini.

 

Paling Banyak Dibaca

  • Pendapatan Yang Masih Harus Diterima: Jurnal Penyesuaian Akhir tahun dan Jurnal Balik Awal Tahun pada Aplikasi SAIBA +

    Oleh : Puji Agus, SST, Ak., M.Ak, CA Widyaiswara Madya   Abstrak: Saat ini Basis Akuntansi yang digunakan dalam mencatat transaksi Baca Selengkapnya
  • Verifikasi Berkas USM PKN STAN +

    [Yogyakarta]Rabu, 22 Maret 2017. Minat masyarakat untuk menjadi mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN sampai saat ini ternyata masih sangat tinggi. Baca Selengkapnya
  • Pendapatan Diterima Di Muka: Jurnal Penyesuaian Akhir tahun dan Jurnal Balik Awal Tahun pada Aplikasi SAIBA +

    Oleh : Puji Agus, SST, Ak., M.Ak, CA Widyaiswara Madya   Abstrak: Saat ini Basis Akuntansi yang digunakan dalam mencatat transaksi Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016